Sabtu, 20 Desember 2014

Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beras merupakan bahan makanan pokok bagi hampir seluruh penduduk dunia yang nantinya diolah menjadi nasi. Beras kaya akan kandungan karbohidrat yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi.

Namun manfaat beras tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan tapi juga sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Diantaranya untuk perawatan kulit dan wajah. Beras dipercaya dan terbukti dapat menghaluskan kulit, memutihkan kulit hingga menguatkan rambut.

Manfaat tersebut bisa kita dapatkan dengan mengolah air beras. Bahkan nenek moyang kita dulu sudah memanfaatkan air cucian beras. Namun, tentu sekarang ini kita harus mengolahnya dengan cara lebih baik.

Oke, berikut ini beberapa manfaat air beras untuk kesehatan dan kecantikan seperti dikutip dari Vemale.com:

1. Membersihkan Wajah

Air beras bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Celupkan kapas pada air beras lalu tepuk-tepukkan pada daerah wajah.

Perawatan secara rutin dapat membuat wajah anda terlihat lebih muda dan segar. Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Lakukan treatment tersebut dua kali sehari hingga terlihat hasilnya.

2. Menghaluskan Kulit

Sama seperti wajah, daerah kulit tubuh yang lain juga memerlukan perawatan. Perawatan yang murah adalah dengan menggunakan air beras. Caranya adalah dengan berendam menggunakan air beras selama 15 menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari, kulit akan menunjukkan perbaikan sebanyak 20 % setelah beberapa minggu.

Kulit tubuh Anda akan terlihat lebih cantik dan bersih. Manfaat lainnya dari mandi air beras adalah kulit bebas kuman dan noda hitam.

3. Perawatan Rambut

Bukan hanya bermanfaat bagi kulit dan wajah, air beras juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut karena di dalamnya terdapat nutrisi yang diperlukan rambut. Mulai sekarang, setelah menggunakan shampo cuci rambut dengan air beras dan biarkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Kandungan protein dalam beras dapat membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Dalam beberapa hari, rambut Anda akan terlihat sehat berkilau dan tampak indah. Silahkan dicoba.

4. Minuman Kesehatan

Beberapa orang membuat minuman kesehatan dari beras dan rempah-rempah. Minuman paling terkenal dari beras adalah beras kencur. Anda bisa melihat apa saja khasiat dari beras kencur tersebut dalam artikel manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan.

Cara Mendapatkan Air Beras

Bagi anda yang ingin membuktikan manfaat air beras, maka Anda perlu membuatnya. Caranya mudah sekali. Bahan yang diperlukan adalah:
1. Beras sekitar ¼ kg
2. Air secukupnya
3. Wadah yang bisa dijadikan untuk mencuci beras, menyimpan air cucian beras serta saringan

Langkah-langkah pembuatan:

1. Cucilah beras yang telah dimasukkan pada wadah dengan air, lalu saringlah air cucian beras dengan saringan pada wadah untuk menyimpan air beras.
2. Bersihkan kembali air beras sehingga terlihat benar-benar bersih.
3. Kemudian masukkan air beras pada botol atau semacamnya.
4. Air beras pun siap dipakai.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar