Jumat, 29 Agustus 2014

MANFAAT DAN BAHAYA SAYUR BAYAM JIKA DI PANASKAN

 MANFAAT DAN BAHAYA SAYUR BAYAM JIKA DI PANASKAN


Bayam merupakan sayuran yg sdh tdk asing lagi bagi kita, selain enak rasanya juga mdh mendapatkannya .
Bayam memiliki banyak manfaat , namun di samping kaya akan kandungan manfaat bayam juga bisa menjadi racun jika salah cara pengolahannya .
Berikut manfaat dan bahaya dari sayur bayam

MANFAAT MENGKONSUMSI BAYAM

Bayam dpt meningkatkan kinerja ginjal , melancarkan pencernaan , menurunkan demam, mengatasi kurang darah , melancarkan asi bagi ibu yg sdg menyusui , hingga memperkuat fungsi hati .

Selain itu bayam juga di percaya memiliki khasiat utuk mencegah katarak dan kabur pada penglihatan karena factor usia , atau dlm dunia medis lebih di kenal dgn sebutan ( macular degeneration )

Bayam adalah sumber folate dan lutein yg begitu hebat dpt mencegah resiko memiliki bayi dgn kelahiran cacat .
Namun sekalipun kaya akan kandungan manfaat , ada beberapa hal yg hrs di perhatikan dan di waspadai dlm mengolah bayam , ini bahayanya bayam bila salah pengolahannya .

BAHAYA BAYAM IALAH

Bayam tinggi akan kandungan nitrat, kandungan tersebut di tentukan oleh bahan tanah dimana bayam itu tumbuh .
Semakin besar kandungan nitratnya , maka semakin besar pula bahayanya .
Zat kimia nitrat tersebut bisa berubah menjadi asam nitrat, sejenis cairan korosid yg tdk berwarna . Senyawa ini juga merupakan asam beracun yg dpt memicu timbulnya penyakit kanker.

Perubahan bentuk kimia tersebut dpt terjadi oleh pemanasan saat sayur bayam di panaskan , mungkin kamu pernah dengar "" jgn sekali-kali memanaskan sayur bayam "" karena bisa menjadi racun, apabila di konsumsi hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan darah membawa oksigen keseluruh tubuh , dampak yg akan terjadi biasanya , darah akan mendadak berhenti membawa oksigen ke seluruh tubuh . Sedangkan pada bayi , kondisi seperti ini di sebut dgn " blue baby syndrome "

Selain itu sayur bayam juga di anjurkan utk tdk di konsumsi bagi penderita asam urat .

Untuk mendapatkan manfaat dari sayur bayam ini , sebaiknya perhatikan cara pengolahannya , dan ini tips mengolah sayur bayam :
 
  1. Cuci bersih sayur bayam sebelum dimasak. Utk menghindarkan efek bahaya lain seperti penularan bakteri 
  2. Jangan memanaskan sayur bayam , penjelasan efek dari mengkonsumsi sayur bayam yg di panaskan sdh di jelaskan di atas bayam itu sgt mdh memasaknya , tdk butuh wkt lama utk memasaknya , jadi alangkah baiknya mendadak masak saja menjelang mkn , jika menu utk 2 x mkn misalnya siang dan mlm , jadi 2 x msk saja . Dan jgn konsumsi bayam yg lbh dari 10 jam , jika sisa jgn di simpan utk besok , di buang saja .
  3. Hindarkan memasak bayam dgn panci berbahan besi alumunium , guna utk memperkecil reaksi kimia yg terjadi saat pemasakan . Sebaiknya gunakan panci berbahan stainless


Tidak ada komentar:

Posting Komentar